Selasa, 06 April 2010

Pelaksanaan Pemilukada Tergantung Kesiapan Daerah


Senayan - Pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) 2010 masih banyak mengalami persoalan, seperti daftar pemilih, kesiapan teknis hingga persoalan pengawas pemilu kepala daerah (Pemilukada).

Akibat masih adanya persoalan ini, kemudian muncul pendapat yang berbeda dari berbagai kalangan baik DPR maupun pemerintah. Ada yang mengusulkan sebaiknya ditunda dengan berbagai macam alasan, sebaliknya ada yang mengusulkan tetap dilaksanakan sesuai jadwal.

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) HM Gamari ikut menyampaikan pendapatnya mengenai kontroversi proses tahapan pelaksanaan Pemilukada tersebut. Kepada Jurnalparlemen.com, dia menyampaikan sebaiknya Pemilukada tetap dilaksanakan dengan mengacu pada kesiapan masing-masing daerah.

Kesiapan tersebut, menurut Gamari, bisa diukur dari kesiapan anggaran, daftar pemilih dan kesiapan penyelenggara atau Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

“Menurut saya sih bagi daerah yang sudah memenuhi kesiapan secara menyeluruh silakan saja diselenggarakan Pemilukada, tapi bagi daerah yang belum siap ya sebaiknya ditunda,” jelas Gamari di ruang kerjanya, lantai 4 Gedung Nusantara I DPR, Jakarta, Kamis (18/3).

Gamari juga menjelaskan mengenai perseteruan antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan KPU terkait masalah Panitia Pengawas Pemilu Kepala Daerah (Panwaslukada), hanya terdapat di 46 daerah.

Menanggapi pendapat rekannya di Komisi II DPR dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) Nu’man Abdul Hakim yang berpendapat sebaiknya Pemilukada sebaiknya ditunda sampai tahun 2011 secara nasional sembari menunggu revisi UU mengenai Pemerintahan Daerah dan Otonomi Daerah, Gamari kurang sependapat.

Menurutnya, selama belum terbentuk Undang-Undang yang baru, pemerintah maupun penyelenggara pemilu berhak untuk melaksanakan Pemilukada sesuai jadwal yang sudah ditentukan. “Undang-Undang pemilu itu belum diubah jadi mereka masih punya dasar untuk hukum untuk melaksanakan itu,” terangnya. (kur/zik)
http://www.jurnalparlemen.com/news/nasional/pelaksanaan-pemilukada-tergantung-kesiapan-daerah.html?searched=gamari&advsearch=oneword&highlight=ajaxSearch_highlight+ajaxSearch_highlight1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar